IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING INQUIRY-BASED LEARNING AT THE 8TH GRADE OF SMP N 7 KOTA BENGKULU

Sari, Rita Purnama and Wisma, Yunita and Gita , Mutiara Hati (2013) IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING INQUIRY-BASED LEARNING AT THE 8TH GRADE OF SMP N 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-rit.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-rit.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah Inquiry Based Learning Strategi dapat meningkatkan pemahaman siswa membaca dan faktor yang meningkatkan pemahaman siswa membaca pada siswa kelas 8A SMPN 7 Kota Bengkulu tahun akademik 2012-2013. Subyek penelitian ini adalah 32siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman membaca, ceklis observasi siswa dan guru dan catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu rencana, tindakan, mengamati, dan merefleksikan. Tes diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Inquiry Based Learning strategi dapat meningkatkan pemahaman membaca pada siswa. Ada 34,37% siswa yang mencapai standar nilai >65 di siklus 1 dan meningkat ke 75% di siklus 2. Peningkatan ini dipengaruhi oleh Inquiry Based Learning Strategy, media dan materi yang dipilih, dan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 14:34
Last Modified: 29 Nov 2013 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item