A DISCOURSE ANALYSIS OF REPAIRS EMPLOYED BY THE ENGLISH DEBATERS IN SEC-IONAIRE’S DEBATE TOURNAMENT 2013

Rosalita , Putri Utami and Syafrizal, Syafrizal and Mei , Hardiah (2013) A DISCOURSE ANALYSIS OF REPAIRS EMPLOYED BY THE ENGLISH DEBATERS IN SEC-IONAIRE’S DEBATE TOURNAMENT 2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-ros.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-ros.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe-tipe perbaikan dan bagaimana tipe-tipe tersebut diinisiasikan di dalam turnamaen debat SEC-IONAIRE 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 13 April 2013 yang bermosikan “Penghapusan RSBI”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis wacana. Data pada penelitian ini adalah ujaran-ujaran di turnamen debat SEC-IONAIRE yang mengandung perbaikan-perbaikan. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa prosedur yakni: yang pertama adalah merekam turnamen debat SEC-IONAIRE, tahap kedua adalah penulisan naskah rekaman debat, prosedur ke tiga yaitu pengidentifikasian perbaikan-perbaikan turnamen debat SEC-IONAIRE, tahap berikutnya merupakan proses pengkodean pada ujaran-ujaran yang ditemukan dan kemudian dilanjutkan dengan proses klasifikasi data, proses berikutnya adalah proses analisis serta interpretasi data. Data dianalisis dan diklasifikasikan berdasarkan teori tipe-tipe perbaikan yang dikemukakan oleh Schegloff, Jefferson, dan Sacks (1977), yaitu self-initiated, self-repair; other-initiated, self-repair; self-initiated, other-repair; and other-initiated, other-repair. Dari data hanya ditemukan self-initiated, self-repair dan tidak ditemukan tiga tipe perbaikan yang lainnya. Hal ini terjadi karena peraturan di dalam turnamen debat yang membatasi interaksi antar pendebat. Self-initiated, self-repair dilakukan dengan cut-offs dan restart.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 14:41
Last Modified: 29 Nov 2013 14:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item