PENGEMBANGAN PROTOTIPE LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERPOLA INKUIRI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARYA WISATA

Hasanuddin, Fitri and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) PENGEMBANGAN PROTOTIPE LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERPOLA INKUIRI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARYA WISATA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
FITRI HASANUDDIN-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan prototipe LKS berpola inkuiri pada pembelajaran biologi dengan metode karya wisata. Prosedur penelitian menggunakan sebagian tahap dari penelitian pengembangan yaitu: 1) tahap penelitian dan pengumpulan data, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan produk awal/draf produk, 4) tahap validasi produk. Subjek penelitian pada tahap penelitian dan pengumpulan data yaitu 2 orang guru biologi SMA, dan untuk tahap validasi berjumlah 10 orang guru biologi SMA Kota Bengkulu. Istrumen untuk tahap pengumpulan data yaitu pedoman wawancara. Instrumen validasi LKS adalah angket tertutup berbentuk skala penilaian terdiri dari lima kategori yaitu sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik serta angket terbuka untuk penilaian setiap aspek. Lokasi objek wisata yang paling sering dikunjungi terkait dengan pembelajaran biologi adalah objek wisata pantai. Objek yang dapat dijadikan sumber belajar di lokasi tersebut khususnya Pantai Teluk Sepang adalah komponen biotik dan abiotik. Telah dikembangkan sembilan LKS berpola inkuiri dengan metode karya wisata dengan judul LKS Ganggang, Kelas Monokotil, Kelas Dikotil, Filum Coelenterata, Filum Molusca, Crustacea, Filum Echinodermata, Komponen Biotik dan Abiotik, dan Populasi. LKS yang dikembangkan terdiri atas berapa bagian yaitu judul LKS, kompetensi yang akan dicapai, gambar, indikator atau tujuan yang akan dicapai, informasi pendukung, tugas-tugas dan langkah kerja, analisis kegiatan dan kesimpulan. Hasil validasi LKS dengan menggunakan angket menunjukkan bahwa LKS secara keseluruhan dinilai sangat baik oleh 90% guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 15:35
Last Modified: 29 Nov 2013 15:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item