IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Hidayat, Habibi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HABIBI HIDAYAT-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada mata pelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan teknik berkirim salam dan soal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 orang siswa, yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi : 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi, kemudian menentukan rencana tindakan siklus selanjutnya. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observer. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan keaktifan siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 50,75 siklus II 52,2 dan siklus III 72,75 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus 1 sebesar 50,75% siklus II 52,2% dan siklus III 72,75% (3) ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 35% siklus II sebesar 52,5% dan pada siklus III sebesar 85% (4) aktivitas siswa siklus 1 dengan skor rata-rata 26 (cukup) siklus II dengan skor rata-rata 31,5 (cukup) dan siklus III dengan skor rata-rata 39 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:45
Last Modified: 30 Nov 2013 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item