Rivanti, Rina and Dedy, Supriadi and Gushevinalti, Gushevinalti (2009) PERAN BAGIAN PEMASARAN SEBAGAI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF HOTEL. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.
Text
PDF Final-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Hotel Raffles City Bengkulu yang diresmikan pada bulan Mei 2007 dengan status bintang dua adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan, yang dianggap mampu bertahan pada masa krisis ekonomi yang berkepanjangan dan ketidakstabilan kehidupan politik dibandingkan dengan hotel lain yang ada di Bengkulu. Untuk mengantisipasi terjadinya perubahan baik didalam maupun diluar lingkungan perusahaan, Public Relatons harus bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga perusahaan tidak mengalami “krisis kepercayaan” dari publik yang akan membawa dampak negatif terhadap citra perusahaan. Keberadaan Public Relations untuk membentuk citra positif perusahaan sangatlah penting, hal ini mengharuskan Public Relations mampu menguasai segala persoalan organisasi baik internal maupun eksternal. Sehubungan dengan ini penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Peran Bagian Pemasaran sebagai Public Relations Dalam Membentuk Citra Positif Hotel (Studi Deskriptif pada Hotel Raffles City Bengkulu)”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bagian Pemasaran sebagai Public Relations Hotel Raffles City Bengkulu dalam membentuk citra positif hotel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang datanya berupa kutipan-kutipan, Data diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini adalah 11 orang, yang terdiri dari 5 orang publik internal, 5 orang publik eksternal dan 1 orang staf Marketing Public Relations. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa dalam struktur organisasi Hotel Raffles City Bengkulu, Public Relations digabung dengan departemen pemasaran sehingga kegiatan Public Relations lebih condong dibawa kearah pemasaran. Kemudian diperoleh data bahwa sebanyak 72,73% (8 orang) responden menyatakan Public Relations di Hotel Raffles City Bengkulu memang mempunyai peran dalam menyampaikan informasi, walaupun Public Relations mempunyai keterbatasan kewenangan yang luas karena digabung dengan departemen pemasaran. Selain itu diperoleh juga data dari penelitian yakni sebanyak 81,82% (9 orang) responden menyatakan bahwa Public Relations di Hotel Raffles City Bengkulu mempunyai peran dalam pembentukan citra positif hotel melalui program-program kerja dan upaya yang sejalan dengan kegiatan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 18:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 18:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2574 |
Actions (login required)
View Item |