Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kelas Unggul Di SMP Negeri 1 Curup

Irawan, Nedi and Saleh, Haji and Rusdi, Rusdi (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kelas Unggul Di SMP Negeri 1 Curup. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI NEDI IRAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas VII dan VIII Unggul di SMP Negeri 1 Curup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru yang mengajar matematika dan siswa di kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Curup tahun ajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: dalam perencanaan pembelajaran guru menyusun penyusunan perangkat pembelajaran, menyiapkan strategi, materi pelajaran yang hendak dibahas, dan mempersiapkan media mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran, strategi guru dalam pembelajaran matematika pada kelas VII Unggul yaitu: (a) guru menjelaskan materi prasyarat yang bekaitan dengan bab yang akan diajarkan, (b) memberikan contoh-contoh soal dan latihan yang berkaitan dengan materi prasyarat, (c) menguji kemampuan siswa pada materi prasyarat, (d) dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab atau diskusi, pemberian latihan, dan pemberian pekerjaan rumah, guru juga biasa mengaitkan antara materi yang sedang diajarkan dengan situasi dunia nyata yang relevan, (e) untuk memantapkan penguasaan materi, siswa diberikan latihan- latihan soal yang cukup dan bervariasi serta pengulangan-pengulangan untuk materi- materi sebelumnya, (f) guru melakukan pendekatan yang bersifat individual kepada siswa yang bertanya tentang masalah yang siswa hadapi sesuai dengan kemampuan siswa untuk memahami suatu materi. Strategi guru dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII Unggul yaitu: (a) hampir sama dengan kelas VII unggul, metode pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, (b) di awal suatu bab guru memberikan materi prasyarat, dan tes prasyarat, (c) ketika menjelaskan kembali tentang materi yang siswa tanyakan guru sering menjelaskan di depan kelas sehingga semua siswa dapat mendengarkan, terkadang guru menjelaskan dengan cara menghampiri siswa yang bertanya, (d) guru memberikan latihan-latihan soal untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap materi, (e) tiap ada kesempatan setiap akhir pelajaran guru memberikan pekerjaan rumah, (f) ketika ada siswa yang bermasalah atau tidak mengikuti pelajaran dengan baik, maka guru menegur dengan tegas agar memperhatikan guru yang sedang menjelaskan. Dalam kaitannya dengan remedial, guru membimbing siswa dengan memperhatikan perbedaan individual, guru mendatangi siswa yang kesulitan untuk memberi bimbingan kepada siswa tersebut. Adapun dalam kegiatan pengayaan, guru biasa memberikan latihan soal tambahan kepada siswa yang dianggap pandai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:58
Last Modified: 30 Nov 2013 19:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item