Zulianti, Rili and Irsal, Idris and Rusdi, Rusdi (2009) Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Sistem Belajar Tuntas (Mastery Learning) Melalui Pendekatan Personalized Sistem of Instruction (PSI) dengan Pembelajaran Ekspositori Di Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
RILI ZUULIANTI-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang menggunakan sistem belajar tuntas (Mastery Learning) melalui pendekatan Personalized Sistem of Instruction (PSI) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling sehingga diperoleh kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan menggunakan sistem belajar tuntas (Mastery Learning) melalui pendekatan Personalized Sistem of Instruction (PSI) sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji-t. hasil belajar matematika dengan pembelajaran yang menerapkan sistem belajar tuntas (Mastery Learning) melalui pendekatan Personalized Sistem of Instruction (PSI) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dengan pembelajaran ekspositori di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dengan taraf signifikan 1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 20:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 20:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2594 |
Actions (login required)
View Item |