Lestari, Sarini and Zamzaili , Zamzaili and Rusdi, Rusdi (2009) Perbandingan Hasil Belajar dan Respon Siswa Antara model pembelajaran kooperatif STAD dengan Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Pondok Kelapa Bengkulu Utara. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SARINI LESTARI-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (937kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dan respon siswa antara pembelajaran kooperatif STAD dengan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pondok Kelapa Bengkulu Utara tahun ajaran 2007/2008. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel diambil secara cluster sampling dari populasi terjangkau (Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kelapa Bengkulu Utara). Sampel penelitian kelas VII C dengan nilai rata-rata 66,73 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A dengan nilai rata-rata 66,5 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar pada pokok bahasan Aritmatika sosial diambil dengan instrumen tes yang terdiri dari 20 butir soal objektif dengan 4 pilihan jawaban. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas menghasilkan kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Dari perhitungan uji Fisher disimpulkan varians kedua kelas sama atau homogen. Hasil uji coba postes diperoleh 13 butir soal valid dan 7 butir soal tidak valid, 6 soal yang termasuk kategori sukar, 12 soal sedang, 2 soal termasuk kategori mudah, 4 soal dengan daya beda tergolong baik, 10 soal dengan daya beda cukup dan 6 soal dengan daya beda jelek. Uji hipotesis hasil belajar dilakukan dengan uji-t dengan dk = 41 dari daftar distribusi student adalah 2,02. Dari penelitian didapat t = 2,39. Ho ditolak artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen (1) dan kelas kontrol (2), yang mana hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan metode STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol yang mengunakan metode Two Stay Two Stray. Uji hipotesis angket respon siswa dilakukan dengan uji-t dengan dk = 38. Harga t0,975 dengan dk 38 dari daftar distribusi student adalah 2,01. Dari penelitian didapat t = 0,25 dan ini jelas ada dalam daerah penerimaan. Jadi H0 diterima. Ho diterima artinya tidak ada perbedaan rata-rata respon siswa antara kelompok eksperimen (1) dan kelompok kontrol (2).
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 20:17 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 20:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2595 |
Actions (login required)
View Item |