Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MTS N I Kota Bengkulu.

Nurkaesal, Yofi and Irsal, Idris and Rusdi, Rusdi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MTS N I Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Yofi Nurkaesal-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIIId MTs N 1 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIId MTs N 1 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIId MTs Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 39 orang siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Refleksi ⇒ Rencana Tindakan Siklus selanjutnya. Siklus dihentikan setelah nilai rata- rata siswa naik ≥ 0,5 tiap siklus dan ketuntasan belajar mencapai 65%. Pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (a) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui 6 fase pembelajaran kooperatif yaitu: Fase I menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa ⇒ Fase II menyampaikan informasi ⇒ Fase III mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar yang terdiri dari 5 orang per kelompok ⇒ Fase IV membimbing kelompok bekerja dan belajar ⇒ Fase V evaluasi ⇒ Fase VI memberikan penghargaan kelompok. Penerapan STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktifitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 21,5 dengan kategori cukup, siklus II rata-rata skor 27 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor 29 dengan kategori baik. (b) hasil belajar matematika siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 4,78 dan ketuntasan belajar 25,64%, siklus II menunjukkan nilai rata-rata 6,11 dan ketuntasan belajar 48,72%, dan siklus III menunjukkan rata-rata 7,23 dan ketuntasan belajar 74,36%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:25
Last Modified: 30 Nov 2013 20:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item