PENGARUH MOTIVASI KERJA TUTOR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET B DI KEJAR BINAAN BPKB PROVINSI BENGKULU

Fiwanto, FIwanto and Wahiruddin, Wadin and Agus, Makmurtomo (2009) PENGARUH MOTIVASI KERJA TUTOR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET B DI KEJAR BINAAN BPKB PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
skripsi fiwanto ok-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah motivasi kerja tutor kejar paket B (2). Bagaimanakah efektivitas pembelajaran kejar paket B (3). Adakah pengaruh motivasi kerja tutor terhadap efektifitas pembelajaran kejar paket B. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tutor berjumlah 7 orang dan warga belajar 40 orang. Sampel penelitian adalah sampling acak (random sampling) Artinya populasi di gunakan peneliti apabila populasi dari mana sampel diambil merupakan populasi yang hanya mengandung satu ciri.Teknik pengumpulan data adalah angket (kuesioner), dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa : (1) Motivasi kerja Tutor Kelompok Belajar Paket B di Kejar Binaan BPKB Provinsi Bengkulu dalam kategori motivasi kerja sedang, artinya kinerja yang dilakukan tutor hanya sekedar tugas dari atasan yang belum dilaksanakan dengan sungguh- sungguh. (2) Efektivitas pembelajaran Kelompok Belajar Paket B di Kejar Binaan BPKB Provinsi Bengkulu dalam kategori efektif, artinya kinerja yang dilakukan tutor, telah dilaksanakan berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi secara baik. (3) Pengaruh motivasi kerja Tutor terhadap efektivitas pembelajaran kelompok Belajar paket B di Kejar Binaan BPKB Provinsi Bengkulu dalam kategori cukup artinya kinerja yang dilakukan tutor hanya sekedar tugas dari atasan, belum nampak upaya untuk meningkatkan kinerja secara optimal dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:53
Last Modified: 30 Nov 2013 20:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item