MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

Astuti, Widi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[img] Text
WIDI ASTUTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian siswa kelas X3 SMA Negeri 8 kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes di gunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (dua tinggal dua tamu) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 16,5 dengan kategori baik, siklus II rata-rata skor 19 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor meningkat menjadi 21 juga dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 76,75; daya serap klasikal 76,75 % dan ketuntasan belajar 77, 5%, siklus II menunjukkan nilai rata-rata 78,25; daya serap klasikal 78,25 %, dan ketuntasan belajar klasikal 85 %, siklus III menunjukkan nilai rata-rata 80 daya serap klasikal 80%, dan ketuntasan belajar klasikal 92,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 01 Dec 2013 03:42
Last Modified: 01 Dec 2013 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2648

Actions (login required)

View Item View Item