Agung, Machyudin (2010) KENDALI PASAR DALAM PEMBERITAAN DI TELEVISI SWASTA NASIONAL (Analisis Wacana pada Berita Politik di 3 News Room: SCTV, Trans TV, dan Metro TV). Konvergensi, 1 (1). pp. 41-46. ISSN 2086-342X
|
Text (Journal)
4-JURNAL ILMIAH KONVERGENSI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keterkaitan antara kendali pasar dengan pemberitaan di televisi, dilihat dari aspek‐aspek kepentingan investor, sumber‐sumber berita, pengiklan dan konsumen atau penonton. Stasiun televisi yang dipilih sebagai kasus adalah SCTV, Trans TV, dan Metro TV. Sedangkan objek berita yang diteliti adalah realitas isi berita politik 100 hari kinerja kbinet SBY‐JK. Metode penelitian menggunakan analisis wacana kritis dari Norman Fairlough. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil : (1) sebagian besar isi berita lebih berorientasi pada pasar dibandingkan pada standar kualitas persyaratan berita, (2) sebagian besar kendali pasar pada pemberitaan di SCTV ditentukan oleh faktor konsumen atau khalayak, sedangkan isi berita Trans TV, lebih cenderung berorienta si pada kebutuhan pengiklan; (3) terdapat upaya pemerintah untuk mengendalikan isi berita di televisi melalui tel e pon juru bicara ke me ja redaksi; (4) hasil analisis teks menunjukkan bahwa Metro TV merupakan stasiun televisi yang paling menonjol menunjukkan sikap keberpihakan, dengan banyak menggunkan variasi kosa kata dan metafora dalam pemberitaannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Unspecified > Journal |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 24 Jun 2012 10:46 |
Last Modified: | 31 Jan 2013 17:22 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |