KAMPANYE SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN UNTUK MEMPENGARUHI PREFERENSI PEMILIH DALAM PEMILIHAN CALON WALIKOTA BENGKULU

Yunheta, Lisna and Lizar , Alfansi (2007) KAMPANYE SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN UNTUK MEMPENGARUHI PREFERENSI PEMILIH DALAM PEMILIHAN CALON WALIKOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-LIS-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (421kB)
[img] Text
IV,V-LIS-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul. Kampanye Sebagai Media Periklanan Untuk Mempengaruhi Preferensi Pemilih Dalam Pemilihan Calon Walikota Bengkulu. Latar belakang penulisan ini adalah kampanye merupakan salah satu cara mengkomunikasikan produk politik dalam hal ini yaitu kandidat, partai dan programnya. Kampanye sesungguhnya memainkan peranan yang khusus dalam mempengaruhi pemilih (voters), karena hakikat kampanye adalah usaha untuk menarik simpati dan keberpihakan para pemilih. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah apakah preferensi pemilih benar-benar berbeda baik pemilih pemula dan pemilih lama dalam menilai kampanye walikota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan preferensi pemilih antara pemilih pemula dan pemilih lama dalam menilai kampanye calon walikota Bengkulu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Diskriminan dua grup yaitu grup pemilih pemula dan pemilih lama. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan yang jelas antara preferensi pemilih pemula dan preferensi pemilih lama dalam menilai calon walikota Bengkulu melalui strategi kampanye politik. Penulis menyarankan kepada para pemilih yang ada di Kota Bengkulu hendaknya selalu memperhatikan pengalaman politik kandidat, kampanye melalui media massa mempengaruhi pilihan pemilih, program yang ditawarkan bersifat original, program yang ditawarkan mudah diingat, dan polling membantu melihat peluang perolehan suara karena hal itu merupakan indikator utama yang menyebabkan perbedaan preferensi pemilih dalam menilai strategi kampanye calon Walikota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 02 Dec 2013 14:43
Last Modified: 02 Dec 2013 14:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item