APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD ) PADA HOTEL PUTERA BENGKULU

Utama, Chandra Gali and Budi, Supriyanto (2007) APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD ) PADA HOTEL PUTERA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-CHA-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (182kB)
[img] Text
IV,V-CHA-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (248kB)

Abstract

Hotel Putera Bengkulu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa perhotelan. Pada saat ini telah banyak bermunculan perusahaan yang bergerak dibidang yang sama, sehingga perusahaan perlu untuk berusaha memperbaiki kinerjanya agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada perusahaan sejenisnya. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen Hotel Putera bahwa untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan bechmarking), atribut jasa, parameter tehnik, respon teknis, hubungan antar atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan konsumen, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen (skala preferensi konsumen), penentuan parameter tehnik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasan teknis (parameter tehnik) dan atribut jasa, nilai target, kesulitan teknis, prioritas teknis, serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 14 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, dan 25 parameter tehnik yang disediakan pihak Hotel Putera Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 86,21 Sedangkan hotel pesaingnya yaitu Hotel Idaman Bengkulu sebesar 84,90 yang berarti Hotel Putera Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 03 Dec 2013 19:22
Last Modified: 03 Dec 2013 19:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item