IDENTIFIKASI SOAL UJIAN BLOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI I KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007 PADA ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF

Wanarsa , Dewi and Irawati , Sri and Widi , Endang (2007) IDENTIFIKASI SOAL UJIAN BLOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI I KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007 PADA ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-DEW-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-DEW-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah soal tes ujian blok (objektif dan esai) pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu telah sesuai dengan aspek kemampuan kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Objek penelitian adalah soal tes pada kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal-soal tes. Data yang di peroleh di analisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh di SMP negeri 1 Kota Bengkulu di dapatkan Keseluruhan soal tes pada ujian blok dengan materi Ekosistem sebanyak 35 butir soal (30 butir soal objektif dan 5 butir soal esai). Dari hasil penelitian mengenai soal tes ujian blok Biologi yang telah dibuat oleh guru SMP Negeri I Kota Bengkulu dapat disimpulkan bahwa untuk penyebaran soal pada butir pertanyaan telah ada untuk ranah kognitifnya yaitu jenjang pengetahuan (C1) terdapat pada soal nomor 1, 2, 3, 4, 8 , 10, 11, 13, 15, 23, 27, 31, dan 32, untuk jenjang pemahaman (C2) terletak pada soal nomor 5, 6, 7, 9, 12, 16, 18, 19, 20, 21, 24, 25, 26, 29, 30, dan 33. Untuk jenjang aplikasi (C3) terletak pada soal nomor 14, 22, dan 28. Untuk jenjang analisis (C4) terletak pada butir soal nomor 17 dan 34, dan 35. Hasil perhitungan persentase pada masing-masing soal yaitu untuk jenjang pemahaman (C1) sebesar 37%, jenjang pemahaman (C2) sebesar 46%, kemudian jenjang aplikasi (C3) sebesar 8,5%, dan jenjang analisisnya (C4) sebesar 8,5%, menunjukkan perbandingan yang proporsional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 19:58
Last Modified: 03 Dec 2013 19:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item