STRATEGI PENGEMBANGAN JASA PARIWISATA KOTA BENGKULU

Haryani , Melda Yuli and Lizar , Alfansi (2007) STRATEGI PENGEMBANGAN JASA PARIWISATA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
IV,V-MEL-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
I,II,III-MEL-FE.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
I,II,III-MEL-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk rencana pengembangan jasa/produk pariwisata Kota Bengkulu ditinjau dari pengambil keputusan, pelaku usaha, masyarakat dan konsumen. Serta implikasinya berdasarkan demografi responden, analisis SWOT, analisis Isi, dan fasilitas, pelayanan dan ide pengembangan. Objek penelitiannya adalah sector pariwisata Kota Bengkulu. Sample diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Jumlah sampel tidak ditentukan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari hasil wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner, selain itu data juga diambil dari data sekunder (studi kepustakaan). Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis kualitatif berupa analisis SWOT dan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menerapkan strategi pengembangan pengambil keputusan dapat merapkan strategi pertumbuhan yang berdasarkan strategi fasilitas, pelayanan dan ide. Ksan positif dari kalangan pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan konsumen dapat menjadi kekuatan dalam mengoptimalkan pengembangan jasa bagi sektor pariwisata Kota Bengkulu. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa di Kota Bengkulu dapat dikembangkan wisata buatan asalkan ditata dengan sedemikian rupa agar memilki cirri khas jika dibandingkan pada daerah lainnya, selain itu wisata budaya Kota Bengkulu dapat berkembang jika event Kota Bengkulu telah terjadwal rapi. Kesemua ciri khas yang dimiliki dapat diinformasikan melalui media ektronik, maka dari itu Kota Bengkulu harulah memiliki suatu Website yang dapat selalu up to date dalam penyampaian informasi yang dibutuhkan wisatawan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:22
Last Modified: 03 Dec 2013 21:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item