PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DI KELAS VII E SMP NEGERI 6 BENGKULU (Classroom Action Research)

Aryani , Fadilah and Medriati , Rosane and Fransiska, Connie (2007) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DI KELAS VII E SMP NEGERI 6 BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-FAD-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (185kB)
[img] Text
IV,V-FAD-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (492kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dengan model kooperatif STAD pada konsep tekanan di kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu pada tahun 2006/2007 yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 16orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian terdiri dari: (1) Data sekunder, yakni berupa daftar nama siswa kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu, dan (2) Data Primer, yakni berupa hasil tes, presentasi kelas, laporan kelompok, pekerjaan rumah, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini yang berupa tes dianalisa dengan menggunakan nilai individu, nilai rata-rata siswa, dan kriteria ketuntasan belajar berdasarkan penilaian pada acuan patokan, dimana hasil tes diberi skor 50 %, Laporan kelompok 15 %, Presentasi 20 % dan PR 15 % sedangkan data observasi diolah secara deskriptif, analisa data dapat dengan menggunakan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 72,31 , siklus II 75,46 , siklus III yaitu 79,42 , dan tes akhir menjadi 85,52. Daya serap siklus I menunjukkan nilai 72,31 %, siklus II 75,46 %, siklus III 79,42 %, dan menjadi 85,52 % pada tes akhir. Ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan nilai 34,21 %, siklus II 52,63 %, siklus III yaitu 73,68 % dan menjadi 84,21 % pada tes akhir. Sedangkan untuk aktivitas siswa skor rata-rata pada siklus I adalah 24 dengan kriteria cukup, siklus II 24,5 dengan kriteria baik, dan meningkat kembali pada siklus III 26,5 dengan kriteria baik. Disarankan agar dapat diadakan penelitian lebih lanjut agar hasil yang diharapkan dapat maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:39
Last Modified: 03 Dec 2013 21:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item