PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMK NEGERI 2 BENGKULU

Irmawati, Irmawati and Fransiska, Connie and Sakti , Indra (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMK NEGERI 2 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-IRM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (217kB)
[img] Text
IV,V-IRM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe Team Games Tournament (TGT) pada konsep suhu dan kalor di kelas XI SMK Negeri 2 Bengkulu, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe Team Games Tournament (TGT) pada konsep suhu dan kalor di kelas XI SMK Negeri 2 Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TMO (Teknik Mesin Otomotif) SMK Negeri 2 Bengkulu sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktivan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 47, siklus II 49, dan meningkat kembali pada siklus III 52,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil penelitian siklus I diperoleh untuk ketuntasan belajar kognitif 30,00% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 65,00% dan 87,50% untuk siklus III. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh nilai rata-rata 86,50 meningkat pada siklus II menjadi 90,00 dan 94,50 untuk siklus III. Hasil belajar aspek psikomotor siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,79 meningkat pada siklus II menjadi 91,04 dan 95,00 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:50
Last Modified: 03 Dec 2013 21:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item