PENERAPAN TEORI BELAJAR MENGAJAR GAL’PERIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Hartanti, Ningsih and Koto, Irwan and Fransisca, Connie (2007) PENERAPAN TEORI BELAJAR MENGAJAR GAL’PERIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-NIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (369kB)
[img] Text
IV,V-NIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XB SMA Negeri 6 Bengkulu tahun ajaran 2006/2007, untuk mengetahui peningkatan 1) kemampuan pemecahan soal, dan 2) hasil belajar fisika pada materi listrik dinamis. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data dianalisis secara deskriptif.Kemampuan pemecahan soal (a) siklus I: analisis soal 84,14%, transformasi soal 81,1%, operasi perhitungan 57,7% dan interpretasi hasil 50,81%; siklus II: analisis soal 95%, transformasi soal 85,9%, operasi perhitungan 68% dan interpretasi hasil 52,2%; siklus III: analisis soal 100%, transformasi soal 97,5%, operasi perhitungan 73,33% dan interpretasi hasil 70,42%. Hasil belajar pada (a) siklus I: nilai rata-rata 6,67, daya serap 66,7%, dan ketuntasan belajar 70%; (b) siklus II: nilai rata-rata 7,45, daya serap 74,5%, dan ketuntasan belajar 86,8%; (c) siklus III: nilai rata-rata 8,29, daya serap 82,9%, dan ketuntasan belajar 97,5%. Aktivitas guru: (a) siklus I: 20 dengan kategori cukup, (b) siklus II: 25 dengan kategori baik, dan (c) siklus III: 31 dengan kategori baik. Penerapan teori belajar mengajar Gal’perin ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal dan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:57
Last Modified: 03 Dec 2013 21:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item