STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN SEMALAM SUNTUK BENGKULU

Murni, Retno and A. Muluk , Alains (2007) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN SEMALAM SUNTUK BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-RET-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (138kB)
[img] Text
IV,V-RET-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada rumah makan semalam suntuk bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan maksud untuk menemukan dan menggambarkan strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh rumah makan semalam suntuk, sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki secara internal serta peluang dan ancaman yang ada secara eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan strategi pemasaran yang akan dihubungkan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan alat analisis SWOT. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa rumah makan semalam suntuk menerapkan strategi pemasaran yang berkaitan dengan bauran pemasaran, dengan variabel-variabel yang terkait didalamnya yaitu: produk yang meliputi variasi masakan, cita rasa, serta pelayanan, harga diantaranya penerapan harga yang sama dengan pesaing dan pemberian potongan harga. Promosi yang dilakukan meliputi pemasangan iklan dimedia cetak, serta distribusi secara langsung. Hasil analisis SWOT terhadap marketing mix yang diterapkan, diketahui beberapa kekuatan dan kelemahan yang ada. Disamping kekuatan dan kelemahan tersebut, ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan rumah makan semalam suntuk dengan baik dan ancaman-ancaman yang harus dihadapi agar dapat diminimalisasikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: 1). Kekuatan rumah makan semalam suntuk terletak pada pemberian potongan harga untuk penbelian tertentu, penetapan harga sesuai dengan kualitas, lokasi yang mudah dijangkau. 2).Kelemahan terletak pada kurangnya promosi melalui media cetak, dan luas ruangan yang terbatas. 3). Peluang yang dimiliki adalah dari tingkat ekonomi masyarakat bengkulu yang beragam sehingga bagi rumah makan semalam suntuk dapat menawarkan produk yang beragam pula sesuai dengan tingkat daya beli masyarakat. 4). Ancaman bagi rumah makan semalam suntuk adalah pesaing yang menjual produk sejenis. Dengan mengetahui posisi rumah makan tersebut dapat disusun suatu pedomen untuk menentukan arah yang ingin dicapai dalam sasaran pengusahaan yang akan dating, melalui: 1). Promosi lebih ditingkatkan, guna lebih mengenalkan produk yang ditawarkan serta menarik konsumen untuk melakukan pembelian guna meningkatkan volume penjualan, membuat daftar menu berikut daftar harga untuk masing-masing produk. 2). Memperluas kegiatan promosi melalui media elektronik (TV dan Radio) maupun lewat kegiatan personal selling.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 03 Dec 2013 22:01
Last Modified: 03 Dec 2013 22:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item