Zurnaini, Zurnaini and Sakti, Indra and Nirwana, Nirwana (2007) PENERAPAN TEORI BELAJAR THORNDIKE DENGAN METODE LATIHAN (DRIIL) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN PEMUAIAN DI KELAS VII SEMESTER I SLTPN 10 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2007-2008 A (Classroom Action Ressearch ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-ZUL-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (149kB) |
|
Text
IV,V-ZUL-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan pendekatan teori belajar Thorndike dengan metode Drill (Latihan) pada konsep suhu dan pemuaian di kelas VII A SLTPN Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resseach). Subjek Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas VII A SLTPN 10 Bengkulu pata tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 42 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Data yan dikumpulkan pada penelitian terdiri dari : (1) Data Sekunder, yakni berupa daftar nama siswa kelas VII A SLTPN 10 Kota Bengkulu, dan (2) Data Primer, Yakni berupa hasil tes, Tugas, Latihan, lembar observasi guru dan siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini yang berupa tes dianalisa dengan menggunakan nilai indifidu, nilai rata-rata siswa dan kriteria ketuntasan belajar berdasarkan penilaian pada acuan patokan, dimana hasil tes diberi skor 50%, tugas 15%, dan latihan 35 % sedangkan data observasi diolah secara deskriptif, analisa data dapat dengan mengunakan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukan pada siklus I nilai rata-rata 65,60, siklus II 70,25, siklus III yaitu 71,39. Daya serap siklus I menunjukan nilai 65,6 %, siklus II 70,25 %, siklus III 71,39%. Ketuntasan belajar pada siklus I menunjukan nilai 59,52 %, siklus II 85,71 %, siklus III yaitu 88 %. Sedangkan untuk aktivitas siswa skor rata-rata pada siklus I adalah 54,5 dengan kriteria baik, siklus II 60 dengan kriteria baik, dan meningkat kembali pada siklus III 63 dengan kriteria baik juga
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 22:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 22:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2968 |
Actions (login required)
View Item |