KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA PADA MATA KULIAH PPL 1

Sari, Putri permata and Sumpono, Sumpono and Wasidi, Wasidi (2007) KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA PADA MATA KULIAH PPL 1. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-PUT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (119kB)
[img] Text
IV,V-PUT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2004 pada mata kuliah PPL 1 yang dikonsentrasikan pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan dan keterampilan mengelola kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2004 yang melaksanakan PPL 1, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 38 orang mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan cara memberi penilaian pada setiap tampilan mahasiswa PPL 1 dengan menggunakan lembar penilaian keterampilan mengajar mahasiswa yang disusun berdasarkan buku panduan APKG dan buku panduan pengajaran mikro. Dari hasil penelitian diketahui persentase keterampilan mengajar mahasiswa PPL 1 yaitu : pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran diperoleh 55.26% sangat baik dan 44.74% baik; pada keterampilan menjelaskan diperoleh 28.95% sangat baik, 42.11% baik, 23.68% cukup dan 5.26% kurang; pada keterampilan mengadakan variasi diperoleh 23.68% sangat baik, 52.63% baik dan 23.68% cukup; pada keterampilan bertanya diperoleh 44.74% sangat baik, 52.63% baik dan 2.63% cukup; pada keterampilan memberikan penguatan diperoleh 21.05% sangat baik, 71.05% baik dan 7.90% cukup; pada keterampilan mengelola kelas diperoleh 52.63% sangat baik, 44.74% baik dan 2.63% cukup. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum mahasiswa program studi pendidikan kimia angkatan 2004 yang melaksanakan mata kuliah PPL 1 sudah baik dalam menerapkan 6 keterampilan dasar mengajar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 22:48
Last Modified: 03 Dec 2013 22:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item