Milidarti, Milidarti and Abas, Abas and Irawati, Sri (2007) KORELASI MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-MIL-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (478kB) |
|
Text
IV,V-MIL-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (479kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 7 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan bersifat ex post facto dengan jenis deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang dari populasi 298 orang yang diambil menggunakan teknik random sampling dengan cara diacak. Sedangkan instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket motivasi belajar dan dokumentasi nilai siswa. Validitas butir instrumen atau angket diuji dengan rumus Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis korelasi menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Sebelum analisis korelasi dilakukan terlebih dahulu dilakukan uiji normalitas data menggunakan uji Liliofors dan uji homogenitas menggunakan uji varians. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian maka diperoleh tingkat motivasi belajar siswa dikategorikan sedang yaitu dengan rata-rata 103,52 dalam interval 71 – 105 sedangkan tingkat prestasi belajar siswa yaitu rata-rata 72,25 dikategorikan sedang dalam interval 70 – 79. Setelah dilakukan analisis korelasi terdapat hubungan yang sangat erat antara motivasi belajar biologi dengan prestasi belajar biologi siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,8023 sedangkan koefisien determinasinya (r 2 xv xy ) sebesar 0,643 atau 64,37%. Hasil analisis uji t diperoleh t sebesar 7,8159 dan t hitung tabel 1,677. Jadi t hitung >t atau 7,8158>1,677, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan antara motivasi belajar biologi dengan prestasi belajar biologi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar biologi maka semakin tinggi pula prestasi belajar biologi dan dari hasil penelitian di SMPN 7 Kota Bengkulu khususnya kelas VIII motivasi ekstrinsik untuk belajar biologi lebih dominan daripada motivasi intrinsik. Dari hasil penelitian diharapkan guru, orang tua dan siswa sendiri dapat mengimplementasikan peranan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 12:12 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 12:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2989 |
Actions (login required)
View Item |