KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI KAMPUS UNIVERSITAS BENGKULU (JL RAYA KANDANG LIMUN BENGKULU) SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Trisnawati, Wiwit and Kasrina, Kasrina and Irawati , Sri (2007) KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI KAMPUS UNIVERSITAS BENGKULU (JL RAYA KANDANG LIMUN BENGKULU) SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-WIW-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (808kB)
[img] Text
IV,V-WIW-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis pohon di kampus Universitas Bengkulu sebagai media dalam pembelajaran Biologi di SMA pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai bulan September 2006, bertempat di kampus Universitas Bengkulu yang lokasinya meliputi daerah UNIB depan sampai ke lapangan sepak bola UNIB belakang. Selanjutnya untuk pembuatan herbarium dan determinasi dilakukan di laboratorium Biosistematika jurusan Biologi FMIPA Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksplorasi (penjelajahan) dan koleksi tumbuhan di lapangan, sampel di ambil satu jenis dari tiap-tiap jenis pohon yang ada di lingkungan kampus Universitas Bengkulu, selanjutnya sampel difoto dan dideterminasi dengan cara mencocokkan dengan herbarium yang ada di laboratorium Biologi FMIPA Universitas Bengkulu, dan gambar-gambar serta kunci determinasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Dari hasil penelitiandidapat 60 jenis pohon yang tergolong ke dalam 3 kelas, 17 bangsa, 27 suku. Berdasarkan buku paket SMA kelas X dari 60 jenis pohon tersebut terdapat 15 jenis pohon yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam mempelajari keanekaragaman hayati, diharapkan 45 jenis pohon lagi dapat dijadikan sebagai data tambahan bagi guru yang dapat juga dijadikan sebagai media dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:50
Last Modified: 04 Dec 2013 12:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item