Yozra, Devi and Rohadi, Nyoman and Medriati, Rosanne (2007) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI ( TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI KELAS X.B SMA N 2 KOTA BENGKULU Classroom Action Ressearch. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-DEV-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
|
Text
IV,V-DEV-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.B SMA N 2 Kota Bengkulu pada tahun 2006/2007 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian terdiri dari: (1) Data sekunder, yakni berupa daftar nama siswa kelas X.B SMA N 2 Kota Bengkulu, dan (2) Data Primer, yakni berupa hasil tes, presentasi kelas, laporan kelompok, pekerjaan rumah, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini yang berupa tes dianalisa dengan menggunakan nilai individu, nilai rata-rata siswa, dan kriteria ketuntasan belajar berdasarkan penilaian pada acuan patokan, dimana hasil tes diberi skor 50 %, Laporan kelompok 20 %, Presentasi 15 % dan PR 15 % sedangkan data observasi diolah secara deskriptif, analisa data dapat dengan menggunakan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 70,1 , siklus II 75,4 , siklus III yaitu 83,3 , dan tes akhir menjadi 78,9. Daya serap siklus I menunjukkan nilai 70,1 %, siklus II 75,4 %, siklus III 83,3 %, dan menjadi 78,9 % pada tes akhir. Ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan nilai 16,1 %, siklus II 48,4 %, siklus III yaitu 90,3, dan menjadi 80,6 % pada tes akhir. Sedangkan untuk aktivitas siswa skor rata-rata pada siklus I adalah 39,5 dengan kriteria cukup, siklus II 44,5 dengan kriteria baik, dan meningkat kembali pada siklus III 52,5 dengan criteria baik. Disarankan jika model pembelajaran ini akan dicobakan pada situasi kelas yang lain, Perlu diperhatikan pemilihan tingkatan pendidikan dan kelas yang tepat, karena agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 12:59 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 12:59 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3008 |
Actions (login required)
View Item |