ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU (Aplikasi Quality Function Deployment )

Nainggolan, Binsar and Syamsul, Bachri (2007) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU (Aplikasi Quality Function Deployment ). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-BIN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (195kB)
[img] Text
IV,V-BIN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (227kB)

Abstract

RINGKASAN Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu merupakan salah satu yayasan yang bergerak dibidang jasa kesehatan. Pada saat ini kesehatan sudahlah sangat diperhatikan oleh setiap orang sehingga pihak rumah sakit perlu untuk berusaha memperbaiki kinerjanya agar konsumen/pasien mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada rumah sakit lain. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen RS Rafflesia bahwa untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan bechmarking), atribut jasa, parameter tehnik, respon teknis, hubungan antar atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan konsumen, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen (skala preferensi konsumen), penentuan parameter tehnik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasan teknis (parameter tehnik) dan atribut jasa, nilai target, kesulitan teknis, prioritas teknis, serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 16 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, dan 25 parameter tehnik yang disediakan pihak Rumah Sakit Rafflesia telah memberikan kepuasan sebesar 89,11 Sedangkan rumah sakit pesaingnya yaitu RSDU M Yunus Bengkulu sebesar 85,76 yang berarti Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:13
Last Modified: 04 Dec 2013 13:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item