UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) SERI NUMBERED- HEADS-TOGETHER PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 TALANG EMPAT (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Yupensi, Novi and Fransiska, Connie and Lubis, Indra Sakti (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) SERI NUMBERED- HEADS-TOGETHER PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 TALANG EMPAT (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-NOV-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (158kB)
[img] Text
IV,V-NOV-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kognitif, afektif, psikomotorik) dan peningkatan mutu proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif seri NHT. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan di kelas X-1 SMAN 1 Talang Empat kabupaten Bengkulu Utara pada bulan JanuariFebruari 2007 yang dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar kognitif 51,22% meningkat menjadi 97,5 % pada siklus II dan pada siklus II menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar Afektif meningkat dari 90,2% menjadi 100% pada siklus II dan III. Ketuntasan hasil belajar psikomotor tiap siklus diperoleh 100%. Mutu proses pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas siswa dan guru yang berada dalam kriteria baik, serta afektif, psikomotor dan kemampuan presentasi siswa yang meningkat pada setiap siklus. Penelitian menyimpulkan bahwa model kooperatif seri NHT dapat meningkatkan hasil dan mutu proses pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:18
Last Modified: 04 Dec 2013 13:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item