PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA C SMAN 6 KOTA BENGKULU POKOK BAHASAN STUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK

Hasanah , Lailatul and Bahar, Amrul and Elvinawati , Elvinawati (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA C SMAN 6 KOTA BENGKULU POKOK BAHASAN STUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-LAI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-LAI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 6 Kota Begkulu tahun ajaran 2006/2007, dengan tujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA C SMAN 6 Bengkulu, (2) mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas XI IPA C SMAN 6 Bengkulu pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) dengan tiga siklus. Data yang diperoleh pada tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menentukan rata-rata kelas, daya serap klasikal dan menentukan ketuntasan belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas (6,55), daya serap klasikal (65,52%) dan ketuntasan belajar (60,5%). Pada siklus II, nilai rata-rata kelas (7,55), daya serap klasikal (75,50%) dan ketuntasan belajar (82,5%) dan pada siklus III, nilai rata-rata kelas (8,25), daya serap klasikal (82,50%) dan ketuntasan belajar (94,4%).Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I berada pada kriteria cukup dengan skor 19, pada siklus II berada pada kriteria baik dengan skor 24 dan pada siklus III berada pada kriteria baik dengan skor 28.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 14:05
Last Modified: 04 Dec 2013 14:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item