ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP MARGIN PEMASARAN IKAN LAUT DI KOTA BENGKULU

Yanti, Puspa and Seprianti, Eka Putri (2007) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP MARGIN PEMASARAN IKAN LAUT DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-PUS-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (107kB)
[img] Text
IV,PUS-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini tentang saluran pemasaran terhadap margin ikan laut di kota bengkulu. potensi perikanan di kota bengkulu sangat besar dengan hasil perikanan yang banyak sehingga diperlukan peran lembaga pemasaran untuk menyalurkan hasil tangkapan para nelayan kekonsumen akhir.jenis penelitian ini adalah penelitian eksplorasi karena kurang nya literatur yang meneliti masalah yang sejenis Metode yang digunakan adalah metode survey dan pengambilan sample dengan metode non probability sampling dan pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah responden adalah 60 orang yang terdiri atas 20 orang nelayan, 20 orang P pengumpul dan 20 orang P Pengecer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkkan bahwa bentuk saluran ikan laut di kota bengkulu ada 4 tapi dalam penelitian ini yang diteliti hanya 2 saluran yaitu Nelayan- P pengumpul local- P pengecer – konsumen akhir dan nelayan – P pengecer – konsumen akhir. Jenis ikan yang diteliti untuk margin pemasaran adalah ikan gembolo, ikan tongkol dan ikan sisik karena ketiga jenis ikan ini yang banyak dijual oleh responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis saluran distribusi di telusuri dari nelayan sampai kekonsumen akhir, analisis jenis ikan yang di teliti untuk margin pemasaran adalah ikan yang banyak di jual oleh pedagang,dan untuk analisis margin pemasaran untuk menghitung total margin pemasaran, share harga yang diterima nelayan,distribusi margin dan rasio keuntungan dengan biaya-biaya dari masingmasing lembaga pemasaran. Total margin pemasaran untuk masing- masing lembaga pemasaran adalah sama yaitu sebesar Rp 3000, share harga yang diterima oleh nelayan berbeda untuk masing-masing jenis ikan karena adanya perbedaan harga jual ikan , distribusi margin pemasaran cukup merata serta rasio keuntungan dan biaya yang tidak jauh berbeda untuk masing-msaing lembaga pemasaran, tingkat keuntungan yang diperoleh oleh pedagang perantara adalah tidak sama hal ini karena adanya perbedaan harga beli, biaya-biaya yang dikelurkan dalam kegiatan pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 04 Dec 2013 15:26
Last Modified: 04 Dec 2013 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item