PENGARUH KEBUDAYAAN, KELAS SOSIAL, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KASET MUSIK

Arista, Rori and Sularsih, Anggarawati (2007) PENGARUH KEBUDAYAAN, KELAS SOSIAL, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KASET MUSIK. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-ROR-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (188kB)
[img] Text
IV,V-ROR-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (139kB)

Abstract

Musik merupakan produk yang dikonsumsi oleh sebagian besar lapisan masyarakat. Pertimbangan konsumen dalam memilih produk musik makin beragam dan seringkali dipengaruhi oleh faktor kebudayaan masyarakat sekitar, kelas sosial, dan kelompok referensi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kebudayaan, kelas sosial, dan kelompok referensi terhadap keputusan konsumen dalam membeli kaset musik baik secara simultan dan parsial, dan untuk mengetahui pengaruh variabel yang paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bengkulu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakn accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan alat bantu kuisioner (angket). Dari hasil kuisioner kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan hasil pengujian setiap item kuisioner adalah valid dan reliabel. Untuk mengetahui pengaruh kebudayaan, kelas sosial, dan kelompok referensi terhadap keputusan konsumen dalam membeli kaset musik digunakan alat analisis uji t, uji F dan regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Setelah dilakukan analisis uji F diperoleh hasil yaitu F hitung > F tabel, F hitung = 11,545 dan F tabel = 2,70. Dari analisis uji t diperoleh hasil yaitu untuk X 1 = 2,067, X 2 = 2,098, X = 2,059 dan t tabel sebesar 1,65, dan hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y = 7,680 + 0,189X + 0,214X 1 + 0,274X 2 3 3 + e Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa variabel kebudayaan, kelas sosial, dan kelompok referensi mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam membeli kaset musik baik secara simultan dan parsial, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kaset musik yaitu variabel kelompok referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 04 Dec 2013 15:40
Last Modified: 04 Dec 2013 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item