MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Suprihatin, Suprihatin and Johar T, Asahar and M, Saleh Haji (2006) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SUP-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (224kB)
[img] Text
IV,V-SUP-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (264kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berbasis PQ4R dan (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian pengembangan dan perbaikan pengajaran. Alur pelaksanaan tindakan berbentuk siklus yaitu: Rencana tindakan yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan, dilanjutkan observasi, dilanjutkan refleksi dan kemudian dilanjutkan rencana tindakan selanjutnya. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 39 orang dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa tes, lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dari tes, lembar observasi dan angket dianalisis secara deskriptif yaitu suatu analisa data dimana temuan-temuan dideskripsikan dalam pernyataan-pernyataan. Suatu kesimpulan akan diambil berdasarkan kecenderungan yang bersifat umum. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran berbasis PQ4R dapat dilaksanakan pada pelajaran matematika dengan cara mengenalkan dan melatih siswa untuk menguasai strategi belajar PQ4R, membantu dan mengarahkan siswa pada setiap tahap pembelajaran, memodifikasi dengan metode pembelajaran lain, memberikan waktu lebih banyak pada tahap Read, Reflect dan Recite untuk mengasah kemampuan siswa dalam mempelajari, mengingat dan mengerjakan soal-soal latihan.(2) Penerapan pembelajaran matematika berbasis PQ4R pada pokok bahasan Fungsi dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu, hal ini ditunjukkan dari persentase siswa yang merespon positif pada pembelajaran ini yaitu 74,28 % pada siklus I, dan 89, 47% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 17:26
Last Modified: 04 Dec 2013 17:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item