Aini , Zurriyah and Rusdi , Rusdi and Susanta, Agus (2007) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA ( PERFORMANCE ASSESMENT ) SERTA APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA LUAR KELAS ( OUTDOOR MATHEMATICS) SISWA SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
IV,V-ZUR-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (381kB) |
|
Text
I,II,III-ZUR-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan model instrumen penilaian unjuk kerja (Performance Assesment), (2) Mendeskripsikan tentang aplikasi penilaian unjuk kerja (Performance Assesment) yang diterapkan dalam pembelajaran matematika luar kelas (Outdoor Mathematics), (3). Mendeskripsikan hasil unjuk kerja (performance) siswa dalam pembelajaran matematika luar kelas (Outdoor Mathematics). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.A SMP Negeri 15 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007 semester pertama yang berjumlah 32 orang. Proses penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran matematika luar kelas terdiri dari tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data penelitian diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif, yaitu data yang terkumpul akan dideskripsikan dengan mengungkap hal yang sebenarnya dan dianalisis dengan cara diklasifikasikan dan diinterprestasikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Instrumen penilaian unjuk kerja dikembangkan berdasarkan acuan yang sudah ada dalam bentuk rubrik penskoran khusus untuk menilai isi dari tugas unjuk kerja dan lembar observasi untuk penilaian sikap ilmiah dan penilaian keterampilan ilmiah . (2) Aplikasi penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran matematika luar kelas dalam bentuk group performance assesment, yaitu tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa secara berkelompok, dan observasi yakni meminta siswa melakukan tugas sesui dengan indikator penilaian dan selama melaksanakan tugas ini siswa diobservasi. (3) Hasil unjuk kerja (performance) siswa dalam pembelajaran matematika luar kelas berupa laporan tertulis berada pada klasifikasi sedang dengan rata-rata nilai keseluruhan kegiatan sebesar 74,61 dan simpangan baku 10,43. Hasil penilaian kelompok keterampilan ilmiah berada klasifikasi baik dengan rata-rata skor nilai keseluruhan kegiatan sebesar 76,83 dan hasil penilaian individu sikap ilmiah berada pada katagori tinggi dengan dengan rata-rata skor keseluruhan kegiatan sebesar 20,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 17:33 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 17:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3192 |
Actions (login required)
View Item |