ANALISIS SOAL BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) SEMESTER GENAP PADA KELAS X MAN 2 CURUP TAHUN AJARAN 2005/2006

Indra, Benni and Arifin, M. and Ariesta, Ria (2007) ANALISIS SOAL BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) SEMESTER GENAP PADA KELAS X MAN 2 CURUP TAHUN AJARAN 2005/2006. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-BEN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (143kB)
[img] Text
IV,V-BEN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (160kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah validitas isi dan sebaran ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) semester genap pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Curup tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip yang digunakan dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar cek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara, yaitu berupa dokumentasi soal Bahasa Indonesia kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Curup tahun ajaran 2005/2006 dan informasi yang didapat dari guru seputar pembuatan soal dan ujian selain ujian pada semester genap ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah (a) membaca soal Bahasa Indonesia pada semester genap di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Curup tahun ajaran 2005/2006, (b) menyusun dan mengklasifikasikan butir-butir soal sesuai dengan validitas isi dan ketiga ranah (kognitif, afektif dan psikomotorik), (c) membuat daftar cek dan memasukkan butiran soal ke dalam daftar cek, dan (d) menganalisis data dengan teknik top down yaitu bersifat membedah (mengkaji unsur ABSTRAK Benni Indra. 2007. Analisis Soal Bahasa Indonesia kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Curup tahun ajaran 2005/2006. Pembimbing utama Drs. M. Arifin, M.Pd. dan pembimbing pendamping Dra. Ria Ariesta, M.Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah validitas isi dan sebaran ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) semester genap pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Curup tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip yang digunakan dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar cek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara, yaitu berupa dokumentasi soal Bahasa Indonesia kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Curup tahun ajaran 2005/2006 dan informasi yang didapat dari guru seputar pembuatan soal dan ujian selain ujian pada semester genap ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah (a) membaca soal Bahasa Indonesia pada semester genap di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Curup tahun ajaran 2005/2006, (b) menyusun dan mengklasifikasikan butir-butir soal sesuai dengan validitas isi dan ketiga ranah (kognitif, afektif dan psikomotorik), (c) membuat daftar cek dan memasukkan butiran soal ke dalam daftar cek, dan (d) menganalisis data dengan teknik top down yaitu bersifat membedah (mengkaji unsur sebagai produk) dari yang terbesar dibedah sampai unsur yang terkecil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jumlah soal yang pembuatan tidak sesuai dengan kompetensi dasar ialah soal nomor 1, 2, 3, 4, 5, 7, 9, 12, 13, 14, dan 15 sedangkan soal yang pembuatannya sesuai dengan kompetensi dasar yang ada ialah soal nomor 6, 8, 10, dan 11.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 17:49
Last Modified: 04 Dec 2013 17:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item