ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK SYNGENTA ATAU NON SYNGENTA (Kasus Pada Retailer Di Kota Arga Makmur)

Septiani, Efti and Basuki , Sigit Priyono and Nyayu , Neti Arianti (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK SYNGENTA ATAU NON SYNGENTA (Kasus Pada Retailer Di Kota Arga Makmur). Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
IV,V-EFT-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text
I,II,III-EFT-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan pertanian merupakan bagian terpenting dan tidak dapat dipisahkan dari pembangunan nasional. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa sebagian besar rakyat Indonesia mengantungkan hidupnya pada sektor pertanian baik di sektor perkebunan, tanaman pangan, peternakan dan perikanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usahatani, baik usahatani di bidang perkebunan maupun tanaman pangan sering terdapat berbagai kendala salah satunya adanya Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Untuk menghindari dan mengendalikan serangan OPT, tanaman perlu dilindungi dengan cara mengendalikan OPT tersebut, salah satu cara yang sering digunakan oleh petani adalah dengan menggunakan obat-obatan yaitu pestisida. Beragamnya produk pestisida akan mempengaruhi petani untuk memilih produk pestisida yang ditawarkan. Jika seorang petani mengambil keputusan untuk membeli maka ia akan menjumpai serangkaian keputusan yang harus diambil mengenai jenis produk, merek, penjual, kualitas waktu pembelian dan pembayaran. Kota Arga Makmur merupakan daerah yang sebagian besar penduduknya berusahatani dibidang perkebunan dan tanaman pangan, sehingga sangat pontensial bagi produsen untuk menjual produkproduknya melalui retailer yang ada di sana, oleh kerena itu di daerah tersebut didirikanlah sebuah retailer yang menjual berbagai macam produk pestisida dengan berbagai merek. Dengan demikian petani akan memilih suatu produk yang memenuhi kebutuhan dengan situasi yang diinginkan petani, maka kebutuhan pestisida akan semakin meningkat. maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk Syngenta atau non Syngenta (kasus pada retailer di Kota Arga Makmur)”. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui alasan konsumen memilih produk Syngenta atau non Syngenta; 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih produk Syngenta atau non Syngenta; 3) untuk mengetahui proporsi penggunaan produk pestisida jenis fungisida, herbisida, dan insektisida yang dibeli di tingkat retailer baik produk Syngenta atau non Syngenta. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja. Responden dalam penelitian ini adalah pembeli atau konsumen di Retailer Reja Tani sebanyak 96 orang. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi dan wawancara dengan pengisian kuisoner serta data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait, literatur serta datadata yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif adalah untuk gambaran umum objek penelitian, alasan-alasan yang mendorong konsumen untuk memilih mengkonsumsi produk Syngenta atau non Syngenta dan juga menjelaskan bagaimana proporsi produk pestisida jenis fungisida, herbisida dan insektisida yang dibeli di tingkat retailer, baik produk Syngenta atau non Syngenta. Analisis kuantitatif untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk Syngenta atau non Syngenta dengan menggunkan model regresi logit. Hasil analisi menunjukkan alasan konsumen memilih produk Syngenta ada 2 yaitu; 1) alasan pribadi terdiri dari a) telah menggunakan sejak dulu ada 26 orang atau 68,42%, b) harga terjangkau tidak ada yang memilih, b) terbukti keampuhannya ada 26 orang atau 68,42% dan 2) alasan sosial terdiri dari a) sering ditawarkan penjual ada 4 orang atau 10,52%, b) ajakan teman ada 7 orang atau 78,42%. Untuk alasan konsumen memilih produk non Syngenta ada 2 yaitu; 1) alasan pribadi terdiri dari a) telah menggunakan sejak dulu ada 39 orang atau 67,24%, b) harga terjangkau ada 19 orang atau 37,75%, b) terbukti keampuhannya ada 47 orang atau 81,03% dan 2) alasan sosial terdiri dari a) sering ditawarkan penjual ada 11 orang atau 18,96%, b) ajakan teman ada 17 orang atau 29,31%. Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk Syngenta atau non Syngentaadalah pendidikan formal dengan t (- 2,043), hitung (- 2,162) dan persepsi petani terhadap produk Syngenta dengan t penerimaan keluarga dengan t hitung hitung (5,120). Hasil analisis menunjukkan retailer di tempat penelitian menunjukkan konsumen lebih banyak membeli pestisida jenis herbisida sebesar 99,38% dan insektisida sebesar 76,47% terutama dari produk Syngenta karena petani disana lebih banyak petani tanaman perkebunan dan pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 04 Dec 2013 18:14
Last Modified: 04 Dec 2013 18:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item