MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI

Djuwita, Puspa (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI. TRIADIK, 14 (1). pp. 29-35. ISSN 8053-8301

[img]
Preview
Text (Journal)
Judul 4 Puspa Juita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (71kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada hakikatnya adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa, dalam rangka mengembangkan kepribadian generasi muda Indonesia. Pemanfaatan pendekatan pendidikan nilai pada pengajaran PKn, ditujukan untuk membantu siswa mengeksplorasi nilai-nilai yang ada di masyarakat, baik nilai dalam dirinya sendiri maupun nilai-nilai yang ada pada budaya mereka. Proses menjelajahi nilai-nilai tersebut dilakukan melalui pemikiran yang kritis, sampai siswa memiliki kemampuan meningkatkan kualitas pemikiran dan perasaannya, yang pada akhirnya terjadi internalisasi nilai-nilai tersebut dalam pribadi siswa. Agar semua ini dapat terjadi, peran guru sangat penting. Untuk itu guru perlu menambah khasanah pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang pendidikan nilai agar ia meningkatkan kemampuannya dalam pengajaran PKn sehingga tujuan pembelajaran untuk membangun warganegara yang berkarakter baik dapat dicapai.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 29 Jul 2012 10:33
Last Modified: 29 Jul 2012 10:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item