Ependi, Amrul and Bambang , Suarno and Hilda , Puspita (2009) PERBEDAAN ANTARA MAHASISWA GLOBAL DAN ANALITIS DALAM MEREKA PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi pada Mahasiswa Tahun Kedua dari SMA Negeri 1 (Studi pada Mahasiswa Tahun Kedua dari SMA Negeri 1 (Studi pada Mahasiswa Tahun Kedua dari SMA Negeri 1 (Studi pada Mahasiswa Tahun Kedua SMA Negeri 1 Bengkulu pada tahun akademik 2008/2009) Bengkulu pada tahun akademik 2008/2009) Bengkulu pada tahun akademik 2008/2009) Bengkulu pada tahun akademik 2008/2009). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Microsoft Word FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (952kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan prestasi antara siswa global dan analytical dalam belajar bahasa Inggris pada siswa kelas dua SMAN 1 Bengkulu tahun akademik 2008/2009. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kausal komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SMAN 1 Bengkulu tahun akademik 2008/2009 yang terdiri dari 6 kelas. Sampelnya terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster. Datanya diambil dengan menggunakan kuisioner tertutup dan dengan mengumpulkan nilai akademik mereka. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rata-rata dan uji-t. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, gaya belajar, pada kelas IPA terdapat 9 (29%) siswa digolongkan kedalam gaya global dan 22 (71%) siswa dikategorikan kedalam gaya analytical. Pada kelas IPS terdapat 12 (40%) siswa digolongkan kedalam gaya global dan 18 (60%) siswa dikategorikan kedalam analytical. Kedua, prestasi dalam belajar bahasa Inggris, pada kelas IPA skor rata-rata siswa global adalah 66.6, sementara skor rata-rata siswa analytical adalah 67.6. Pada kelas IPS, skor rata-rata siswa globalnya adalah 50.4 dan skor rata-rata untuk siswa analytical adalah 52.4. Ketiga, tidak ada perbedaan prestasi yang signifikan antara siswa global dan analytical dalam belajar bahasa Inggris baik di kelas IPA maupun kelas IPS. Hasil lain yang telah ditemukan adalah hubungan antara jenis kelamin dengan gaya belajar siswa, pada kelas IPA terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan gaya belajar siswa. Pada kelas IPS tidak terdapat hubungan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa, tidak ada perbedaan prestasi yang signifikan antara siswa global dan analytical dalam belajar bahasa Inggris dan terdapat hasil yang bervariasi pada hubungan antara jenis kelamin dengan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 23:25 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 23:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3261 |
Actions (login required)
View Item |