Sriwijaya Ambarita, Lingga and Mulyadi, Mulyadi and Kasmaini, Kasmaini (2009) PERBANDINGAN ANTARA PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DAN MICROSOFT DAYA POINT SEBAGAI MEDIA ATAS ANAK KOSAKATA PENGUASAAN (A Penelitian Perbandingan pada Mahasiswa Tahun Ketiga SDIT IQRA '1 Bengkulu 2008/2009 Tahun Akademik). Undergraduated thesis, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru UNIB.
Text
LINGGA SRIWIJAYA AMBARITA FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (886kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang memiliki pengaruh lebig besar antara music dan Microsoft Power Point terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak-anak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDIT Iqra’ 1 Bengkulu yang teridir dari 80 orang siswa. Sedangkan sampel sebanyak 50 orang dari dua kelas. Siswa dibagi ke dalam dua kelas, kelompok kelas eksperimen 1 dan kelompok kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 mendapatkan perlakuan dengan menggunakan musik, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media Microsoft Power Point. Pre-test diberikan kepada kedua kelas ebelum perlakuan. Nilai yang didapat dari kelas eksperiment adalah 5.2 dan kelas kontrol 4.61. Untuk menganalisis hasil pre-test digunakan t-test formnula. Dari hasil perhitungan diproleh nilai t 1.56 dan t table 2.021. dapat disimpulkan bahwa nilai t yang diperoleh lebih kecil daripada nilai t table (1.56 < 2.021) Berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas dalam penguasaan kosakata. Hasil dari post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 9.30 dan kelas eksperimen 2 adalah 8.28. pada uji hipotesis diperoleh nilai t 4.54 dan t table 2.021. jadi nilai t yang diperoleh lebih besar daripada nilai t table (4.54 < 2.021) Dari sini dapat disimpulkan bahwa musik memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan Microsoft Power Point terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru-guru untuk menggunakan musik dalam pengajaran Bahasa Inggris kepada anakanak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 00:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 00:21 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3283 |
Actions (login required)
View Item |