MENINGKATKAN SISWA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STUDENT TIM-PRESTASI DIVISI (STAD) TEKNIK DI MAHASISWA TAHUN KEDUA DARI SMKN 4 BENGKULU DI TAHUN AKADEMIK 2009/2010

Arniati, Nani and Rudi , Afriazi and Dedi , Sofyan (2009) MENINGKATKAN SISWA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STUDENT TIM-PRESTASI DIVISI (STAD) TEKNIK DI MAHASISWA TAHUN KEDUA DARI SMKN 4 BENGKULU DI TAHUN AKADEMIK 2009/2010. Undergraduated thesis, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru UNIB.

[img] Text
NANI ARNIATI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (860kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Student-Teams Achievement Division (STAD) Technique dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas navigasi, XI TKPI SMKN 4 Bengkulu. Instrument penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan lembar pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Student-Teams Achievement Division (STAD) Technique. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir. Nilai terendah siswa pada tes awal masih “gagal” (21.7 %) dan nilai tertinggi adalah “cukup” (8.7 %). Pemahaman siswa terhadap bacaan meningkat setelah dilakukan tindakan (tidak ada siswa yang mendapat kualifikasi nilai “gagal”). Sementara, 71.6 % siswa mendapat kualifikasi nilai “sedang”. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa teknik STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan pada tahun kedua SMKN 4 Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 00:39
Last Modified: 05 Dec 2013 00:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item