Herniwati , Herniwati (2011) MENANAMKAN NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PTK PADA SISWA KELAS VI SDN 88 PERUMNAS UNIB BENTIRING. TRIADIK, 14 (1). pp. 84-91. ISSN 8053-8301
|
Text (Journal)
Judul 10 Herniwati.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VI SDN 88, melalui penerapan metode pembelajaran pembinaan nilai atau value clarification technique (VCT) dengan teknik reportase atau liputan. Rancangan PTK menggunakan model spiral dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, dengan langkah menyusun rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 23 orang siswa kelas VI dan 1 (satu) orang guru PKN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal/tes formatif, lembar observasi, dan angket. Hasil PTK siklus pertama rata-rata sedang, siklus kedua sudah lebih baik dan siklus ketiga lebih baik lagi atau terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, terjadi perbaikan dan peningkatan terhadap ketuntasan dan mutu hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Journal |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 29 Jul 2012 11:14 |
Last Modified: | 29 Jul 2012 11:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/332 |
Actions (login required)
View Item |