Penerapan Metode Greedy pada Penjadwalan Mata Kuliah melalui Pendekatan Integer Knapsack

Sugiarti, Lilis and Yulian, Fauzi and Zulfia, Memi Mayasari (2009) Penerapan Metode Greedy pada Penjadwalan Mata Kuliah melalui Pendekatan Integer Knapsack. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[img] Text
Skripsi_Li2s.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (579kB)

Abstract

Penjadwalan mata kuliah di suatu perguruan tinggi merupakan pekerjaan yang tidak mudah untuk diselesaikan terutama jika jumlah data yang banyak dan saling berkaitan, sehingga memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Dalam pembuatan jadwal kuliah harus mempertimbangkan sejumlah komponen yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dan ruangan dengan sejumlah batasan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Greedy dalam menjadwalkan mata kuliah di Program Studi Matematika FMIPA Universitas Bengkulu dengan pendekatan Integer Knapsack. Dalam proses penyelesaiannya, metode ini menggunakan tiga strategi yaitu Greedy by Profit, Greedy by Weight, dan Greedy by Density. Variabel penelitian terdiri dari 51 mata kuliah, dengan waktu dan ruang terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Greedy mampu memberikan solusi optimal dengan jadwal mata kuliah yang berhasil disusun menggunakan 4 ruangan dengan waktu kuliah dari hari Senin hingga Jumat (5 hari perkuliahan). Indikator dari keoptimalan penjadwalan mata kuliah ditunjukkan dengan kemerataan distribusi mengajar setiap dosen, kemerataan distribusi kuliah setiap kelas, dan tidak terjadi jadwal kuliah pada semester yang sama dan waktu yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:36
Last Modified: 05 Dec 2013 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item