PROBLEMATIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMAN 3 BENGKULU

Viyayanti, Vita and Arifin , M. and Ariesta, Ria (2007) PROBLEMATIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMAN 3 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-VIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (416kB)
[img] Text
IV,V-VIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh para guru dalam melaksanakan penilaian yang berbentuk nontes pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia yang mengajar di kelas XI SMAN 3 kota Bengkulu. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan gambaran bahwa penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang menggunakan nontes di SMAN 3 kota Bengkulu menemui banyak permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa problematik penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang menggunakan nontes dialami oleh para guru yang mengajar di kelas XI SMAN 3 kota Bengkulu adalah kurangnya kemauan dan disiplin belajar serta kurang aktifnya siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, kurangnya pemahaman siswa terhadap penilaian yang berbentuk nontes, kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan penilaian yang berbentuk nontes, pelaksanaan PBK nontes membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra dari para guru baik di dalam maupun di luar jam pelajaran dan kurangnya pemahaman guru terhadap cara melaporkan hasil belajar siswa berdasarkan KBK.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:41
Last Modified: 05 Dec 2013 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item