KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL RETNO KARYA SAKTI WIBOWO

Napoleon, Napoleon and Chanafiah, Yayah and Amrizal, Amrizal (2007) KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL RETNO KARYA SAKTI WIBOWO. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-NAP-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (551kB)
[img] Text
IV,V-NAP-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (551kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui struktur novel yang mendukung pengungkapan permasalahan ketidakadilan gender, bentuk-bentuk sikap dan perilaku ketidakadilan gender yang dialami tokoh dalam novel Retno karya Sakti Wibowo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural dan pendekatan feminis. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca, memahami, membuat sinopsis, menganalisis dengan pendekatan struktural, dan menganalisis dengan pendekatan feminis. Hasil dari analisis yang dilakukan pada novel Retno karya Sakti Wibowo adalah: 1) struktur novel Retno yang mendukung permasalahan ketidakadilan gender adalah: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan amanat 2) bentuk-bentuk sikap dan perilaku ketidakadilan gender yang dialami tokoh-tokoh dalam novel Retno adalah: pembatasan atau pengekangan hak, marjinalisasi (peminggiran) dalam bentuk diskriminasi upah, stereotype (pelabelan negatif) anggapan bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah, serta anggapan bahwa perempuan hanyalah pendamping bagi laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:29
Last Modified: 05 Dec 2013 09:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item