PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS X 2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007 (Penelitian Tindakan Kelas)

Saptani, Parli and Hamzah, Syukri and Gumono, Gumono (2007) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS X 2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007 (Penelitian Tindakan Kelas). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-PAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (176kB)
[img] Text
IV,V-PAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (266kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaaan model jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskiptifkualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan dua cara yaitu analisis kualitatif untuk proses data kualitas proses pembelajaran, prestasi belajar siswa, dan daya serap klasikal. Hasil pembahasan dalam penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model jigsaw pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dalam aspek khususya pada keterampilan berbicara dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Nilai ratarata hasil belajar yang terus mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 71,11 daya serap siswa sebesar 71,11%, ketuntasan belajar 86,1% dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II 73,85, daya serap siswa 73,85% dan ketuntasan belajar 88,57% dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus III 75, daya serap siswa 87,87% dan ketuntasan belajar 75%. Model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam aspek pembelajaran keterampilan berbahasa. Rata-rata skor pengamatan terhadap aktivitas siswa yang terus meningkat pada setiap siklus, yakni pada siklus I adalah 22,5 dengan kriteria cukup, rata-rata siklus II adalah 29,5 dengan kriteria baik dan pada siklus III rata-rata 30 dengan kriteria baik. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan model jigsaw pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususya pada keterampilan berbicara dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X 2 2 SMA Negeri 8 Kota dan penerapan model jigsaw pada keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia juga dapat meningkatkan aktivitas siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia diharapkan dapat menerapkan model jigsaw khususnya pada keterampilan berbicara karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:43
Last Modified: 05 Dec 2013 09:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item View Item