STRATEGI PENGAJARAN PUISI DI KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007

yunarti, tri and Ariesta, Ria and Agustina, Emi (2007) STRATEGI PENGAJARAN PUISI DI KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-TRY-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (540kB)
[img] Text
IV,V-TRY-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai aktivitas guru dan siswa kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi yang digunakan pada pengajaran puisi di kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru yang mengajar bahasa dan sastra Indonesia kelas Vc serta siswa kelas Vc yang belajar bahasa dan sastra Indonesia. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, rekaman, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah (1) transkripsi data, (2) Klasifikasi data, (3) sajian data, (4) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa strategi pengajaran puisi di kelas Vc ini hanya mengacu pada satu strategi saja, yakni strategi strata. Dan masih ada strategi- strategi yang tidak digunakan oleh guru, selain itu masih ada kegiatan yang belum terlaksana, seperti pada kegiatan awal, guru belum melakukan tes awal, mengemukakan tujuan pembelajaran dan menjelaskan langkah kerja siswa,. Pada kegiatan inti sudah terlaksana dengan lancar karena pada kegiatan ini siswa terlibat langsung pada pembelajaran, namun masih juga terdapat kekurangan, misalnya dengan pemilihan metode, media masih kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa merasa bosan. Pada kegiatan akhir guru telah menyimpulkan pelajaran dan terkadang guru juga memberikan tindak lanjut kepada siswa, agar siswa dapat belajar lagi di rumah dan guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam. Guru juga melakukan penilaian berupa penugasan, seperti mengerjakan latihan dan unjuk kerja, seperti siswa disuruh membacakan puisi ke depan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:00
Last Modified: 05 Dec 2013 10:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item