PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT PENGALAMAN YANG BERKESAN DENGAN LATIHAN TERBIMBING DI KELAS VII 4 SMPN 3 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Apriola, Vinna and Suhartono, Suhartono and Ariesta, Ria (2007) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT PENGALAMAN YANG BERKESAN DENGAN LATIHAN TERBIMBING DI KELAS VII 4 SMPN 3 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-VIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
I,II,III-VIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran situasi dan kondisi pembelajaran; dan persentase peningkatan kemampuan menulis di kelas VII 4 SMPN 3 Kota Bengkulu yang diperoleh dari tulisan (kalimat-kalimat cerita pengalaman yang berkesan) dengan latihan terbimbing dengan menggunakan metode deskripsi-kualitatif (paparan gambaran informasi tentang suatu gejala, peristiwa, kejadian sebagaimana adanya dari penerapan perlakuan tindak kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini mengalami peningkatan kemampuan menulis hanya dalam satu tindakan. Memgapa? Karena tanda ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 telah tercapai dan kondisi serta situasi pembelajaran telah menunjukkan asyiknya belajar menulis. Hal ini terlihat dari komentar guru dan lima siswa yang diwawancarai setelah pembelajaran berlangsung yang isinya menyatakan bahwa selama proses kegiatan belajar mengajar mereka merasa senang karena pembelajaran itu tidak membosankan dan terasa cepat berlalu. Di samping itu, komentar guru juga mengungkapkan bahwa pembelajaran saat ini menerapkan ketiga tipe belajar siswa, sehingga pembelajaran ini dapat dikuasai oleh sebagian besar siswa. Dan, pemberolehan nilai ≥ 70 ada 22 siswa atau 64,71% dengan rara-rata kelas 67,25. ketuntasan belajar ini penilaiannya diambil dari beberapa siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 dan kondisi serta situasi pembelajaran menulis yang mengalami perubahan dari pengamatan pada tanggal 9 Januari 2007.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:07
Last Modified: 05 Dec 2013 10:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item