ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BISNIS RITEL KOTA BENGKULUDITINJAU DARI PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BENGKULU DAN OPINION LEADERS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN

Salim, Agus and Sularsih, Anggarawati (2009) ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BISNIS RITEL KOTA BENGKULUDITINJAU DARI PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BENGKULU DAN OPINION LEADERS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan bisnis ritel di kota Bengkulu ditinjau dari persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu serta implikasinya terhadap strategi pemasaran. Sampel diambil dengan menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang untuk mahasiswa dan 5 orang untuk opinion leaders. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif berupa analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opinion leaders memberikan persepsi yang positif terhadap perkembangan bisnis ritel yang ada di kota Bengkulu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari 25 variabel yang diteliti, ditetapkan ada 22 variabel (MSA>0.5), sementara 3 variabel lainnya (MSA<0.5) tidak dianalisis lagi. Dari 22 variabel tersebut, didapat 7 faktor yang secara signifikan mempengaruhi perkembangan bisnis ritel kota Bengkulu (eigen value>0.1, dan percent of variance>5%) yaitu, Faktor Facilities and Globalization, terdiri dari 4 variabel: fasilitas air, fasilitas promosi, fasilitas keuangan, dan globalisasi. Faktor Human Resource and Distribution, terdiri dari 3 variabel: distribusi, tenaga kerja, dan gaya hidup. Faktor Education Inflation, terdiri dari 3 variabel: tingkat pendidikan, tingkat inflasi, dan pola berbelanja. Faktor Security and Technology, terdiri dari 3 varaibel: keamanan, ketersediaan bangunan, dan teknologi. Faktor Growth of Economic and Competition, terdiri dari 3 variabel: jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan persaingan. Faktor Political Identification, terdiri dari 3 variabel: peraturan pemerintah, situasi politik, dan fasilitas listrik. Faktor Customer Income, terdiri dari 2 variabel: usia penduduk dan pendapatan penduduk. Dari ketujuh faktor tersebut, faktor Facilities and Globalization adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi perkembangan bisnis ritel di kota Bengkulu karena memiliki eigen value tertinggi sebesar 5.238. Persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dan opinion leaders terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis ritel di kota Bengkulu juga bisa dijadikan acuan oleh peritel dalam menentukan Strategi Pemasaran yang tepat berupa analisis STP (Segmentation, Targetting, dan Positioning) dan analisis bauran pemasaran (Retail Marketing Mix).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:05
Last Modified: 05 Dec 2013 10:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item