Irawan, Anggara and Meiliani, Meiliani (2009) Evaluasi Penerapan Teori Antrian Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Toko Khatulistiwa Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (645kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Evaluasi Penerapan Teori Antrian Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Toserba Khatulistiwa Bengkulu". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang optimal dalam melayani konsumen/pembeli pada bagian kasir toko Khatulistiwa Bengkulu. Permasalahan yang sering timbul pada bagian kasir toko Khatulistiwa Bengkulu yaitu ketika tingkat kedatangan konsumen atau pembeli sangat banyak sehingga antrian menjadi sangat banyak panjang sekaligus menyebabkan waktu tunggu pelanggan menjadi relatif lama. Jika jumlah pelanggan sedikit maka waktu menganggur pelayanan juga meningkat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus matematis teori antrian multi channel single phase. Analisis dimulai dengan menyusun data kedatangan konsumen atau pembeli kedalam tabel sehingga dapat dihitung tingkat kedatangan rata – rata pembeli pereriode waktu, menghitung waktu pelayanan rata – rata pembeli atau konsumen sehingga dapat diketahui tingkat pelayanan rata – rata per periode waktu, menghitung pendapatan per pelanggan, menghitung biaya menunggu dan biaya pelayanan konsumen atau pembeli, menghitung tingkat pelayanan saat ini, menghitung tingkat pelayanan optimal, kemudian dilanjutkan dengan nilai – nilai variabel sistem pada berbagai alternatif jumlah fasilitas pelayanan, dan menghitung jumlah fasilitas pelayanan optimal. Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa rata – rata pelayanan saat ini adalah 63 % dan probabilitas waktu menganggur saaat ini adalah 7,3 %, waktu menunggu seorang pembeli dalam antrian adalah 10,08 detik dan waktu tunggu dalam sistem 56,88 detik dan biaya total adalah Rp 1.170.546,95
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 10:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 10:21 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3388 |
Actions (login required)
View Item |