PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas)

Dariyes, Dariyes and Abas, Abas and Irawati , Sri (2007) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (253kB)
[img] Text
IV,V-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 15 Kota Bengkulu melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran biologi pada pokok bahasan system pernapasan pada manusia dan vertebrata. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) evaluasi dan refleksi. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, dimana data hasil observasi dinalisa dengan mencari rata-rata skor dan data hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor observasi guru adalah 23,5 yang termasuk kedalm kriteria cukup, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 15,5 yang juga termasuk kedalam kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata skor observasi guru adalah 27 dengan criteria baik dan rata-rata observasi siswa adalah 18,5 dengan kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar siswa siklus I setelah dianalisis berdasarkan criteria ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 6,8 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,8% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 7,4 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,2% dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontestual dengan model kooperatif pada pokok bahasan system pernapasan pada manusia dan vertebrata meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 15 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 12:10
Last Modified: 05 Dec 2013 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item