USING DICTOGLOSS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION AT THE 2 NDGRADE CLASS XI A 3 OF SMAN 8 KOTABENGKULU IN 2011/2012 ACADEMIC YEAR

Asmawati, Dede and Kasmaini, Kasmaini and Wisma, Yunita (2013) USING DICTOGLOSS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION AT THE 2 NDGRADE CLASS XI A 3 OF SMAN 8 KOTABENGKULU IN 2011/2012 ACADEMIC YEAR. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-DED-FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,VI-1-13-ded-FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penggunaan dictogloss dalam menyimak (listening) untuk meningkatkan pemahaman menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dictoglos meningkatkan pemahaman menyimak (listening) siswa dan menemukan faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak (listening) siswa. Ini adalah penelitian tindakan kelas dimana tiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI A 1 SMAN 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012. Data didapatkan dari nilai siswa pada tes menyimak (listening) dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan tehnik analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan perbandingan nilai siswa pada setiap siklus, peneliti menemukan bahwa kemampuan menyimak (listening) siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 44.14% pada siklus 1 menjadi 76.89% pada siklus 3. Peneliti juga menemukan bahwa motivasi dan kerjasama siswa meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh tehnik dan pemilihan materi menyimak (listening). Jadi bisa disimpulkan bahwa Dictoglos efektif untuk meningkatkan pemahaman menyimak (listening) siswa dan motivasi siswa dalam kegiatan menyimak (listening).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 05 Dec 2013 12:46
Last Modified: 05 Dec 2013 12:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item