PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR SISWA MELALUI DAUR BELAJAR DESKRIPTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA N 1 KEPAHIANG

Minarti, Minarti and Abas, Abas and Karyadi, Bhakti (2007) PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR SISWA MELALUI DAUR BELAJAR DESKRIPTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA N 1 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-MIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (125kB)
[img] Text
IV,V-MIN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran Biologi dengan model daur belajar deskriptif di kelas XI IPA 3 SMA N 1 Kepahiang dan meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA N I Kepahiang dengan perbaikan strategi pembelajaran melalui penerapan model daur belajar deskriptif. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa, peneliti, guru, pihak sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan mencari rata-rata skor untuk menentukan kategori kegiatan guru dan kategori kegiatan siswa.. Hasil analisis data observasi kegiatan guru pada siklus I pada dengan model daur belajar deskriptif menunjukkan kualitas kegiatan guru termasuk kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 14,5. Untuk hasil analisis observasi kegiatan siswa siklus I diketahui rata-rata skor 11,5 dengan kategori cukup. Hasil analisis data observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus II mengalami peningkatan, kegiatan guru termasuk kategori baik dengan ratarata skor 17,5 sedangkan rata-rata skor kegiatan siswa meningkat menjadi 15,5 dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terhadap konsep biologi mengalami peningkatan, yang terlihat dari nilai rata-rata tes siklus I sebesar 6,25 meningkat menjadi 7,5 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 78,26% pada siklus I menjadi 91,30% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 13:38
Last Modified: 05 Dec 2013 13:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item